Get Gifs at CodemySpace.com

Minggu, 01 Januari 2012

Alinea [Tugas Softskill II Bahasa Indonesia]

 Tulisan saya kali ini akan membahas tentang Alinea.

 Paragraf Deduktif, Induktif dan Deduktif-Induktif beserta masing-masing contohnya

  • Paragraf Deduktif adalah gagasan utama yang terletak di kalimat awal dalam satu paragraph, kemudian diikuti dengan beberapa kalimat penjelas ( paragraph dari umum ke khusus ).

Contoh :
Penggunaan bahasa Indonesia di seluruh Indonesia dewasa ini belum dapat dikatakan seragam. Perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, dan ucapan terlihat dengan mudah. Pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan sering dikalahkan oleh bahasa daerah. Di lingkungan persuratkabaran, radio, dan televisi sudah terjaga dengan baik. Para pemuka kitapun pada umumnya belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Fakta-fakta di atas menunjukan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu ditingkatkan.
  • Paragraf Induktif adalah gagasan utama yang terletak pada kalimat akhir dalam satu paragraph, setelah beberapa kalimat penjelas ( paragraph dari khusus ke umum ).

Contoh :
Di era zaman globalisasi ini, banyak orang yang memiliki sepeda motor. Itu disebabkan, karena sekarang mereka bisa memiliki sepeda motor dengan cepat dan mudah. Agar tidak datang terlambat, banyak orang yang berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda motor. Bahkan anak sekolah pun tidak mau kalah. Mereka berangkat ke sekolah memilih mengendarai sepeda motor. Dari pada naik sepeda biasa ataupun angkutan umum. Begitu juga dengan ibu-ibu. Untuk pergi ke pasar saja, mereka menggunakan sepeda motor. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang sepeda motor dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.
  • Paragraf Deduktif-Induktif adalah gagasan utama yang letak nya di awal dan di akhir kalimat.

Contoh :
Kondisi perairan Sulawesi Utara (Sultra) kini sangat memprihatinkan karena menjadi lahan pengeboman oleh oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dikatakan instruktur Selam, Rio Hariyanto, di depan peserta Diklat Selam dan Metedologi Penelitian Terumbu Karang di Pulau Bakori, Soropiah , Kabupaten Kendari, Sultra baru- baru ini. Dikatakan olehnya, maraknya pengeboman ikan dengan bahan peledak di perairan sultra akhir-akhir ini, merupakan ancaman bagi upaya menjual potensi objek wisata bahari daerah Sultra ini. Kepada Wisman maupun domestik, ia menyatakan pula, selama lima hari berada di objek wisata Bahari Pulau Bokori, tak henti-hentinya ia mendengar letusan bom ikan bagaikan perang di tengah laut. Ia bersama peserta diklat yang melakukan penyelaman menyaksikan secara langsung kondisi terumbu karang yang hampoir 100 persen rusak berat akibat pengeboman. 


Pengembangan Alinea 

Mengembangkan beberapa kalimat menjadi gagasan pokok pada sebuah alinea / paragraf.

1. Sastra daerah sangat erat hubungannya dengan sastra nasional
Sastra Indonesia dapat merujuk pada sastra yang dibuat di wilayah Kepulauan Indonesia. Sering juga secara luas dirujuk kepada sastra yang bahasa akarnya berdasarkan Bahasa Melayu. Sastra dalam arti khusus yang kita gunakan dalam konteks kebudayaan, adalah ekspresi gagasan dan perasaan manusia. Setiap daerah mempunyai ciri khas sastra masing-masing. Dengan begitu, sastra daerah sangat erat hubungannya dengan sastra nasional.

2. Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan, membuat kita melihat aspek fundamental lain, bahwa menusia ini makhluk sosial
Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan, membuat kita melihat aspek fundamental lain, bahwa menusia ini makhluk sosial. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup berdampingan dengan manusia lainnya. Pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain. Manusia juga tidak akan bisa hidup sendiri dan membutuhkan kehadiran orang lain. Sebagai makhluk sosial, ia juga memiliki tabiat suka kerjasama dan bersaing sekaligus.

3. Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain
Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain. Dengan belajar dari pengalaman orang lain, kita akan belajar untuk memotivasi diri kita dan dapat menjadikannya sebagai pengalaman yang berharga. Apalagi kita belajar dari orang yang lebih tua dari kita, tentunya kita akan mendapatkan juga nasihat-nasihat dari orang tua kita yang sudah makan asam garam kehidupan. Jadi, jangan malu bertanya pada orang-orang di sekitar kita.

4. Cinta kasih yang sejati meminta korban
Setiap agama mengajarkan cinta kasih, namun dalam praktiknya kelompok tertentu terkadang terjebak pada tindakan kekerasan yang ujungnya minta korban jiwa. Cinta kasih yang sejati meminta korban. Maksudnya adalah jika kita ingin meraih cinta sejati, sebelumnya kita harus rela berkorban untuk sesuatu hal yang kita sukai.

5. Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang
Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang. Banyaknya bahan makanan dan mudahnya keadaan kehidupan mempengaruhi berkurangnya kemampuan menurunkan keturunan. Bukti-bukti itu ditemukan oleh Sadler di Negara-negara dan kota-kota besar yang rapat penduduknya dengan angka-angka kelahiran yang rendah.Sukarnya penghidupan dan kurangnya bahan makanan sangat besar pengaruhnya terhadap bahan makanan menurunkan keturunan.




1 komentar: