Get Gifs at CodemySpace.com

Senin, 25 Oktober 2010

Tugas Teori Oeganisasi Umum ke-2

Pengertian Organisasi

Organisasi adalah lembaga sosial yang terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai
pola interaksi yang diterapkan. Organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Oleh karena itu, Organisasi adalah kreasi yang memerlukan aturan dan co-operation. Organisasi adalah instrumen sosial yang mempunyai batasan-batasan yang secara relatif dapat diidentifikasikan dan keberadaannya mempunyai basis yang relatif permanen.


Mengapan Seseorang Memerlukan Organisasi?

Karena, dengan mengikuti suati organisasi kita bisa lebih dapat mengeluarkan pendapat kita ke orang banyak. Selain itu pentingnya komunikasi dengan orang-orang disekitar adalah suatu hal yang tidak bisa dipungkiri. Oleh sebab itu ketrampilan berkomunikasi memiliki arti penting dalam kehidupan organisasi. Bahkan bisa dikatakan, ibarat organisasi adalah bagian tubuh makhluk hidup maka komunikasi adalah darah yang mengalir dalam tubuh organisasi tersebut.


Beberapa Pertimbangan Seseorang Mengikuti Organisasi

APA itu Organisasi? Organisasi menurut saya adalah suatu kelompok yang dibentuk secara bersama dan memiliki tujuan sosial serta visi dan misi yang sama. Selain itu organisai juga memiliki ketua dan memilik struktur keanggotaan.

DIMANA? Mengikuti suatu Organisasi bisa dilakukan dimana saja. Bahkan dalam keluarga pun kita juga sudah mengikuti organisasi yang memiliki ketua keluarga yaitu Ayah. Selain itu, saya juga pernah mengikuti beberapa Organisasi yaitu OSIS pada waktu SMP, Volly pada waktu SMA dan dalam Karang Taruna di lingkungan rumah saya yg pada waktu itu saya menjabat sebagai Sekretaris I.

MENGAPA, KAPAN & Siapa? Saya mengikuti organisasi-organisasi tersebut karena ingin menambah wawasan saya serta saya bisa mengeluarkan pendapat saya. Pada waktu OSIS SMP saya menjabat sebagai Sekretaris. Mengapa? Karena pada pemilihan OSIS di SMP waktu itu adalah dengan cara ditunjuk oleh Pembina Osisnya. Saya senang karena beliau bisa mempercayai saya memegang jabatan ini. Pada waktu Volly di SMA saya hanya sebagai anggota dari team saya saja. Karena saat itu saya hanya mengikuti sampai 2 tahun saja. Berikutnya organisasi di Karang Taruna saya menjabat sebagai Sekretaris I. Pada waktu itu juga pemilihan nya ditunjuk oleh Ketua Karang Taruna Saya. Jabatan itu saya pegang hanya 1 tahun saja karena mengingat saya waktu itu sudah kelas 3 SMA jadi saya harus lebih fokus sama kegiatan sekolah saya dan bimbel-bimbel yang saya ikuti. Akan tetapi, setelah saya lulus dari SMA saya kembali memegang jabatan sekretaris itu. “Siapa saja yang boleh mengikuti Organisasi?” Siapa saja boleh, asal ia mau bertanggung jawab atas jabatan yang ia pegang. Semua orang berhak mengikuti organisasi karena organisasi itu sangat penting dalam kehidupan kita. Dalam organisasi kita bisa menambah pengetahuan kita dan wawasan kita, dari yang kita tidak tahu sampai akhirnya kita tauhu.

BAGAIMANA? Mengikuti Organisasi sangat lah mudah, misal nya pada OSIS di sekolah kita, kita bisa mendaftar atau mencalonkan diri kita sendiri. Dalam organisasi kita bekerja sesuai dengan jabatan yang dipegang. Di bawah ini saya akan memberikan Struktur Organisasi di Karang Taruna yang pernah saya ikuti:

Ketua
Bertanggung jawab penuh atas jalannya karang taruna.
Memiliki hak dan wewenang penuh dalam memutuskan suatu keputusan yang diambil secara musyawarah.
Memilih dan menunujuk koordinator Sie masing-masing.

Wakil Ketua
Membantu ketua dalam melayani tugasnya.
Menggantikan ketua apabila berhalangan hadir.

Sekretaris
Menyusun proposal bersama dengan ketua.
Menyusun perihal surat-menyurat (Surat Pernyataan, Permohonan, Undangan, dll).
Menyusun laporan pertanggung-jawaban bersama ketua.
Menyusun dan mendata anggota dan pengurus karang taruna.
Membuka dan menutup rapat sebelum dipimpin oleh ketua.

Bendahara
Bertanggung jawab penuh atas keuangan karang taruna
Mengolah keuangan.
Menetapkan jumlah kas yang ditarik per anggota.
Memutuskan jumlah uang yang akan dikeluarkan.

Sie. Humas
Mengumpulkan informasi yang berhubungan denagan pelaksanaan kegiatan karang taruna.
Melaksanakan hal yang berhubungan dengan masyarakat.
Mempererat hubungan sesama anggota dan pengurus.

Sie. Rohani
Mengadakan kegiatan kerohanian seperti mengaji/tadarus.
Menggalang kegiatan kerohanian seperti baksos, hari-hari keagamaan.

Sie. Olahraga
Mengadakan rutinitas latihan olahraga.
Menggalang lomba olahraga antar karang taruna yang lain.

Sie. Perlengkapan
Menyiapkan segala keperluan kegiatan sesudah dan sebelum kegiatan.
Membantu menyiapkan kegiatam rapat.
Memesan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kegiatan.


NAMA : PRESTYA WULANDARI
NPM : 12109497
KELAS: 2KA14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar